SURABAYA, Sindonusantara.id – Tentang Pelayanan Publik di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Sur...
SURABAYA, Sindonusantara.id– Tentang Pelayanan Publik di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Surabaya Utara kini kembali mendapat apresiasi Masyarakat. Melalui inovasi program “Polantas Menyapa”. Dalam hal ini petugas menunjukkan Dedikasi Tinggi dan Pendekatan Humanis dalam membantu para Wajib Pajak (WP) yang mengalami kendala Administrasi saat mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
Sehingga dalam pemantauan di lokasi diketahui ada 3 Personil Samsat Utara, yakni Brigadir Ratri, Brigadir Kevin dan Briptu Mahawira aktif memberikan Pelayanan Cepat dan Solutif. Bahkan Ketiga personil menjelaskan, bahwa semua petugas diarahkan dan dilatih agar bersikap Proaktif, Humanis, Ramah dan Komunikatif terhadap Warga Masyarakat para Wajib Pajak.
“Kami ingin Masyarakat merasa Aman dan Nyaman ketika datang ke Samsat Surabaya Utara di Jalan Kedinding, Kecamatan Kenjeran. Setiap petugas dituntut memahami kebutuhan Warga, memberikan Solusi Cepat, Humanis dan memastikan proses Administrasi berjalan Lancar,” ujar salah satu petugas.
Respons Cepat Tangani Kendala Wajib Pajak: Program “Polantas Menyapa” kembali menarik perhatian Publik ketika seorang Wajib Pajak dalam mengalami kendala Data Kendaraan yang belum terupdate di Sistem. Maka Petugas Samsat dengan Sigap lakukan Pengecekan, Mengklarifikasi Data, dan Memandu hingga proses Pembayaran PKB selesai dengan Cepat dan Tepat.
Dalam Sikap Responsif dan Empati dari petugas ini membuat para Wajib Pajak merasa Dihargai dan Puas atas Pelayanan yang diberikan.
“Petugasnya Ramah, Humanis, Sabar, dan Cepat Tanggap. Sekarang urusan bayar Pajak Kendaraan terasa lebih Mudah dan Menyenangkan,” ujar salah satu Wajib Pajak yang enggan disebut namanya.
Pelayanan Humanis dan Digitalisasi Samsat: Pendekatan Pelayanan seperti ini sejalan dengan Komitmen Samsat Surabaya Utara untuk meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang akan pentingnya terkait membayar Pajak Kendaraan tepat waktu.
“Sehingga melalui Program Pelayanan "Polantas Menyapa" yang Ramah, Cepat, Humanis dan Solutif. Maka kami ingin menanamkan Kesadaran Kolektif, bahwa membayar Pajak Kendaraan adalah Tanggung-jawab, sekaligus Kontribusi nyata bagi Pembangunan Daerah,” ujar Ipda Eko, Pamin Samsat Surabaya Utara.
Bahkan selain Pelayanan Tatap Muka yang Humanis, Samsat Surabaya Utara juga terus mengembangkan Layanan terkait Digital dan Sistem Daring untuk mempercepat proses Administrasi, serta mengurangi Antrean Panjang. Sehingga adanya langkah ini, ternyata disambut Positif Masyarakat Wajib Pajak karena dinilai lebih Efisien, Cepat dan Nyaman.
Wujud Nyata Pelayanan Publik Prima Presisi yang melalui Kombinasi antara Kepedulian petugas, Pendekatan Humanis, dan inovasi Digital. Maka program "Polantas Menyapa" menjadi contoh nyata Pelayanan Publik Presisi yang Solutif dan Transparan.
Dalam hal ini Samsat Surabaya Utara berkomitmen terus meningkatkan Kualitas Pelayanan Polri Presisi, untuk menumbuhkan Kepercayaan terhadap Masyarakat, serta mendukung terciptanya Tertib Administrasi dan Kepatuhan Pajak Kendaraan di Kota Surabay, Jawa Timur. Senin, 10/11/2025
(Bertus/Mursalin/dbs).
COMMENTS